15 August 2017

Terpecahkan! Ini Penjelasan Bagaimana Otak Mampu Mengenali Wajah

Tidak ada orang yang bisa mengenali orang lain dengan terburu-buru walaupun wajah yang dilihat familiar. Para ilmuwan sendiri sulit sekali untuk menjelaskan bagaimana otak manusia mengidentifikasi wajah-wajah yang familiar.

Dilansir dari Medicalxpress.com, kini para peneliti di The Rockefeller University telah mengungkap misteri bagaimana otak mengenali wajah-wajah yang familiar. Winrich Freiwald, kepala Laboratorium Neural Systems dan Sofia Landi, seorang mahasiswa pascasarjana menemukan 2 wilayah otak yang sebelumnya tidak diketahui dapat mengidentifikasi wajah.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa otak mengandung area yang merespon secara selektif terhadap wajah dibandingkan dengan jenis objek lainnya. Mereka juga tahu bahwa manusia memproses wajah yang familiar dan asing dengan cara yang berbeda. Namun, usaha untuk meramalkan dasar saraf untuk membedakan antara persepsi wajah yang asing dan familiar pada manusia terbukti tidak meyakinkan.

Freiwal dan Landi beralih pada kera, untuk mengidentifikasikan bagaimana mereka bisa mengenali wajah, mereka menggunakan kera sebagai bahan penelitian karena lebih mudah dipelajari dibanding dengan manusia dan karena kera memiliki banyak kesamaan dengan manusia.

Dengan menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional, Landi dan Freiwald mengukur aktivitas otak kera saat mereka merespon gambar wajah lain. Wajah-wajah tersebut dibagi dalam 3 kategori, orang yang akrab dan pernah tinggal bersama dalam waktu yang lama dengan kera, orang yang akrab dengan mereka karena sering melihat orang tersebut ratusan kali, dan wajah yang benar-benar asing.

Para peneliti mengharapkan jaringan pengolah wajah kera bereaksi sama dengan dua jenis wajah pertama. Namun sebaliknya, keseluruhan sistem menunjukkan aktivitas lebih dalam untuk menanggapi wajah kenalan lama. Wajah yang hanya familiar secara visual menyebabkan berkurangnya aktivitas di beberapa daerah.

No comments:

Post a Comment