13 August 2017

KEWAJIBAN IBU TIRI TERHADAP ANAK DAN KELUARGANYA

Assalamualaikum 
*Kewajiban Ibu Tiri terhadap Anak dan Keluarganya*
Seorang ibu tiri yang berstatus seorang istri dari suami yang telah memiliki anak tentunya berkewajiban pula untuk berperan sebagai ibu bagi anak-anaknya. Walaupun ibu tiri bukanlah ibu kandung, perbedaannya pada sisi mengandung, melahirkan, dan menyusui, maka itu ia tetap berperan dan berkewajiban untuk menjalankan tugas dan fungsi orang tua sampai kapanpun itu.
Orang tua sebagaimanapun kesibukan dan status nya, ia tetap berkewajiban untuk mendidik anak-anaknya. Memberikan pengarahan yang benar, memberikan pengetahuan, membentuk moral dan karakter pada anak-anaknya. Jika anak-anaknya sudah dewasa ia pun tetap bertugas untuk menjaga anak-anaknya dari pandangan yang salah.
*Maka, tugas dari seorang ibu tiri adalah :*
١. Memberikan pendidikan pada anak
٢. Menjaga, melindungi, dan memberikan kasih sayang seorang ibu
٣. Memperlakukan anak lemah lembut, tidak emosi, dan menganggap anak bukan bagian dari kewajibanya, karena sifat marah dalam islam bukanlah hal baik terutama untuk anak.
٤. Menjaga nama baik keluarga-nya dan tidak berbuat yang dapat merusak keutuhan rumah tangga
٥. Mengasuh, menjaga anak anak sebagaimana ia terhadap suaminya dengan cinta yang utuh

*Kewajiban Anak terhadap Ibu Tiri*
“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil”(QS Al-Isra : 23-24)
Sebagaimana disampaikan di Al Quran maka anak tiri terhadap ibu tiri memiliki kewajiban yang sebagaimana terhadap ibu kandungnya

No comments:

Post a Comment